Minggu, 02 Maret 2014

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN RUANG LINGKUP (Bab I / materi pertama)



Pengajaran proses pendidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta  dirancang untuk mempermudah belajar.
Pembelajaran : proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
SEJARAH
William james
*       Eksperimen di laboratorium tidak bisa menjelaskan bagaimana cara mengajar anak secara efektif.
*       Penting mempelajari proses belajar dan mengajar di kelas.
*       Mengajar pada titik yang lebih tinggi dari kemampuan anak.
 John Dewey
*       Motor  penggerak untuk mengaplikasikan psikologi di tingkat praktis.
*       Ide-ide:
*       Anak sebagai pembelajar aktif
*       Pendidikan difokuskan pada anak secara keseluruhan sehingga bisa beradaptasi dan memecahkan masalah.
*       Anak berhak mendapatkan pendidikan.
E.L.Thorndike
*      Tugas pendidikan di sekolah yang terpenting adalah menanamkan keahlian penalaran anak.
*      Intelegensi diklasifikasikan dalam tiga bentuk kemampuan, yaitu :
*      Kemampuan abstraksi, yaitu suatu kemampuan untuk bekerja menggunakan alat-alat mekanis dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang memerlukan aktivitas sensory-motor.
*      Kemampuan sosial : yaitu suatu kemampuan untuk menghadapi orang lain disekitar diri sendiri dengan cara-cara efektif.
Burrhus Frederic Skinner
*       Pendidikan behavioral.
*       Operan conditioning : konsekuensi perilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan terjadi.
*       Konsekuensi ( reinforcement-punishmen) bersifat sementara pada perilaku organisme.

Regulasi belajar : mengaktifkan diri sendiri dalam belajar ( menentukan tujuan pembelajaran).

Cara mengajar yang efektif :
*      Pengetahuan dan keahlian profesional.
*      Komitmen dan motivasi.
Pengetahuan dan keahlian profesional :
*      Penguasaan materi pelajaran.
*      Strategi pengajaran.
*      Pemahaman kontruktivisme.
*      Anak secara aktif membangun dan menyusun  pengetahuan dan pemahamannya.
*      Penelitian tujuan dan keahlian perencanaan instruksional.
*      Keahlian manajemen kelas.
*      Keahlian motivasional.
*      Keahlian komunikasi
*      Bekerja sama secara efektif dengan murid dan latar belakang kultural.
*      Keahlian teknologi
Riset dalam psikologi pendidikan :
*       Pendekatan riset ilmiah.
*       Riset ilmiah mereduksikan kemungkinan bahwa informasi didasarkan  pada keyakinan, opini dan perasaan personal.
*       Riset ilmiah didasarkan pada metode ilmiah.
*      Merumuskan masalah.
*      Mengumpulkan data.
*      Menarik kesimpulan.
*      Merevisi kumpulan dan teori riset.
METODE RISET
1.       Riset Deskriptif : bertujuan untuk mengamati dan mencatat perilaku.
*       Observasi alamiah dan partisipan.
*       Wawancara dan kuesioner.
*       Tes standar.
*       Studi kasus.
*       Studi etnografik.
2.       Riset Koresional.
3.       Riset Eksperimental.
Rentang Waktu :
*       Cross sectional.
*       Longitudinal.
Tantangan Riset:
*       Etika.
*       Gender.
*       Etnis dan Kultur.
Riset Aksi, Riset Evaluasi Program dan Duru Sebagai Periset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar