Kamis, 13 Maret 2014

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN



Dimana pembelajaran menggunakan teknologi sudah banyak diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Sehingga kita diharapkan mampu mengeksplorasi revolusi teknologi, internet, teknologi dan diversitas sosiokultural, dan potensi dan realitas teknologi dan pendidikan.
Revolusi Teknologi.
Pada masa sekarang kebutuhan murid salah satunya adalah menguasai teknologi agar siap untuk bekerja nantinya. Dengan adanya Revolusi teknologi ini semakin mempermudah pekerjaan kita dan untuk mengakses informasi-informasi lebih cepat. Sehingga kompetensi seseorang satu dan yang lainnya makin ditantang, diperluas dan dipercepat.
Teknologi sudah menjadi bagian dari pembelajaran selama beberapa dekade ini, apalagi terjadi kemajuan yang sangat dramatis di bidang teknologi ini. Fakta bahwa pada 1983 hanya ada sekitar 50.000 komputer di sekolah-sekolah Amerika. Pada 2002, ada lebih 6 juta. Dan sekarang setiap sekolah di Amerika kini sedikitnya punya satu komputer. Beberapa sekolah juga menyediakan aplikasi Channel One (kumpulan berita sepuluh menit sehari yang menjadi kotroversial karena juga memuat iklan selama dua menit) dan ada sekolah juga yang menyediakan sarana jaringan Telecomputing yang menghubungkan kelas-kelas di sekolah dan antarsekolah yang berbeda.
Misalnya  mengajar ekologi  gurun pasir  dengan mewajibkan muridnya membaca buku atau mendengarkan paparan deskripsi dari guru. Pembelajaran  akan lebih eksploratif dan interaktif jika menggunakan paket CD-ROM.
Tetapi penggunaan komputer di sekolah masih ketinggalan dengan penggunaannya di bidang bisnis. Sebuah survei yang dilakukan oleh Office of Technology Assement (1995) menemukan bahwa mayoritas guru tidak akrab dengan komputer. Dan dalam sebuah survei, mayoritas siswa SMP dan SMA dilaporkan menggunakan komputer pada level minimal selama 30 pelan.dalam survei ini, hanya 1 sari 11 murid yang menggunakan komputer sekolah untuk pelajaran bahasa, 1 dari 15 untuk pelajaran matematika,dan hanya 1 dari 40 untuk pelajaran sains.
Pembelajaran teknologi pada guru di sekolah belum direvolusionerkan dan hanya saat guru yang terlatih secara teknologislah yang membawa revolusi teknologi sehingga dapat benar-benar mengubah sekolah-sekolah.
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem ini saling berhubungan di seluruh dunia dan memuat informasi yang banyak dan terbaru. Pada tahun 2000, 89 persen sekolah umum di AS telah terhubung dengan internet dan 77 persen kelas punya komputer yang terhubung dengan internet.

World WideWeb (Web) adalah sistem pengambilan informasi hipermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis. Ini sangat membantu para murid menemukan informasiyang dicari dengan memeriksa berbagai sumber.
Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi.
E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus.
Menggunakan internet di kelas.
·         Untuk membantu menavagasi dan mengintegrasikan pengetahuan.
·         Mendorong belajar bersama.
·         Menggunakan email.
·         Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru.


Internet adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT).  Internet dapat menjadi  alat penting  untuk membantu murid belajar. Dua sumber yang bagus untuk lebih mempelajari lebih banyak tentang internet dan cara membawanya ke kelas adalah Cybereductor dan Teaching with Technology.

Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu sosial. Dalam sebuah studi oleh National Association of Educational Progress terjadi kesenjangan antar kelompok etnis. Seperti  penggunaan komputer bagi murid Latino dan Afrika Amerika dan keluarga dengan murid perempuan lebih rendah dibandingkan murid kulit putih dan keluarga dengan murid lelaki. Berikut ini beberapa rekomendasi atau mengurangi kesenjangan dalam akses dan penggunaan komputer.
o   Saring materi teknologi untuk menghilangkan bias gender, kultural, dan etnis.
o   Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif pada murid dari semua latae belakang.
o   Beri murid informasi tentangpakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda menggunakan teknlogi secara efektif di dalam kehidupan dan karier mereka.
o   Bicaralah dengan orang tua tentang pemberian aktivitas belajar berbasis komputer di rumah.
Masa depan: komputer dimana-mana
Dimasa yang akan datang para pakar menyatakan generasi komputer berupa ubiquitos computing.  Ubiquitos computing ini memaksa komputer eksis di dunia manusia yang merupakan kebalikan dari realitas virtual.
Memilih dan menggunakan teknologi di kelas
1.       Pilih teknologi dengan tujuan untuk membantu murid melakukan eksplorasi aktif, menyusun, dan me-restrukturasikan informasi.
2.       Cari cara untuk menggunakan teknologi sebagai bagian dari pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran dunia nyata.
3.       Pilih teknologi yang menyajikan model pasif bagi murid.
4.       Keahlian pengajaran anda amat penting, terlepas dari teknologi yang anda pakai.
5.       Teruslah mempelajari teknologi dan tingkatan pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar